Kamis, 15 Agustus 2013

Social Networking



Jejaring Sosial


Di era modern seperti saat ini, internet merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting.  Perkebangannya di Indonesia pun sangat pesat, karena internet memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Selain itu, mengakses internet pun sangat mudah, baik itu melalui ponsel, komputer/pc ataupun laptop.
Dengan internet, kita dapat mengenal dan menjelajahi dunia, walaupun terkadang lebih dikenal dengan dunia maya. Melalui internet kita bisa menemukan atau mencari informasi apapun yang kita butuhkan, mulai dari informasi seseorang, perusahaan, pekerjaan, pemerintahan, pendidikan, musik, gambar, film, video, bahkan tindakan kejahatanpun bisa dilakukan di internet.
            Seiring dengan perkembangan dunia teknologi dan internet pada lapisan masyarakat, berkembang juga situs-situs jejaring sosial di kalangan masyarakat luas khususnya pada anak-anak tingkat sekolah menengah atas, misalnya facebook, twitter, google+, hello, dan lain-lain. Tentu saja jejaring sosial ini memiliki dampak yang positif dan negatif. 
Dampak positifnya adalah:
1.      Jejaring social mempermudah penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna-pengguna lain, baik yang sudah dikenal ataupun belum dikenal. Contohnya adalah dengan membuka group angkatan 14 di facebook. Hal ini berguna untuk mempermudah penggunanya untuk berbagi informasi mengenai pelajaran remedial, dan informasi-informasi lain yang dapat dibagi keseluruh pengguna yang mungkin letaknya berjauh-jauhan.
2.       Jejaring social bisa juga dijadikan media promosi bisnis atau online shop  yang menguntungkan.
3.      Dapat mempererat tali persaudaraan dimana seseorang dapat tetap saling berkomunikasi walaupun jaraknya sangat jauh.
Sedangkan dampak negatifnya adalah :
1.      Bisa menyebabkan kecanduan internet. Bahkan ini merupakan salah satu penyakit yang cirri-cirinya kurang lebih sebagai berikut :
·         Menggunakan internet lebih dari kebutuhan atau tujuan awal.
·         Lupa waktu
·         Muncul gejala-gejala kecemasan dan lain-lain yang akan hilang ketika ia terhubung lagi dengan internet.
·         Dan lain-lain
2.      Dapat menyebabkan stress dan gangguan fungsi mata akibat terlalu lama didepan monitor. manusia.
3.      Terjadi banyak kasus-kasus kejahatan lewat internet atau jejaring social. Misalnya kasus penculikan, penipuan lewat online shop dan lain-lain.
Menggunakan internet khususnya jejaring social memang menguntungkan, namun apabila kita tidak menggunakannya secara bijak maka jejaring social juga dapat merugikan. Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar