Senin, 24 Juni 2013

Sweet Honey


Madu adalah minuman penuh khasiat. Hampir di seluruh belahan dunia tahu akan manfaatnnya yang sangat banyak. Namun sayangnya, jarang ada orang yang begitu tertarik untuk mencoba karena kurang percaya akan manfaatnya, selain itu juga dikarenakan madu asli yang memiliki harga yang mahal. Tidak jarang pula ada yang malas membelinya lantaran karena kesulitan dalam membedakan madu asli dan palsu.
Namun seperti yang banyak beredar di berbagai media, manfaat madu di sebut sebagai ‘madu dan 1000 manfaat’ bahkan ada yang mengatakan sejuta khasiat madu. Namun kebanyakan dari kita tidak yakin akan kebenarannya dari khasiatnya. Semua orang lebih percaya akan kemujaraban dari obat-obatan medis. Namun sebenarnya, dalam dunia kesehatan, madu termasuk topik trending karena banyaknya kandungan khasiat di dalamnya. Sebelum adanya dunia kedokteran pun madu sudah dipercayai banyak orang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, entah itu benar atau tidak, namun penelitian dunia medis bisa menjelaskan bahwa khasiat madu memang sangat mujarab.
Karena manfaatnya yang sangat banyak, sayapun akhirnya berkeinginan untuk mencoba menggunakan dan mengetahui kebenaran khasiatnya lewat pengamatan. Hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan saya akan manfaat-manfaat dari madu, dan mengetahui akan kebenaran khasiatnya. Berikut adalah hasil pengamatan saya, setelah mencoba menerapkan dan menggunakannya untuk melihat kebenaran akan khasiat yang sudah saya baca di internet maupun di buku.
Yang pertama adalah madu sebagai pemanis. Sebenarnya, gula dapat digantikan dengan madu di berbagai makanan dan minuman. Karena madu mempunyai komposisi sekitar 69% glukosa dan fruktosa gula, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti gula. Madu juga memiliki keutamaan yaitu lebih sehat dan baik untuk kesehatan dilihat dari komposisinya dibandingkan dengan menggunakan gula yang mempunyai efek samping yang tidak baik.
Kedua adalah manfaat madu untuk menambah stamina. Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan performa (ergogenic) bantuan yang sangat baik dan membantu dalam mendorong performa atlet. Madu juga memudahkan dalam menjaga gula darah, penyembuhan otot dan pemulihan setelah latihan karena mengandung 354 kcal.
Ketiga adalah madu mempunyai sifat antibiotic. Setelah saya amati, bahwa madu memang membantu proses penyembuhan luka, karenanya madu dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat di gunakan bagi manusia dan tanpa efek samping. Sifat antiseptik madu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu dan membantu menjaga luka tetap bersih dan bebas dari infeksi.Madu juga bisa digunakan sebagai obat alami dalam pengobatan pertolongan pertama untuk luka, luka bakar dan luka lainnya untuk mempercepat penyembuhan. Sifat antibakterinya mencegah infeksi dan berfungsi sebagai agen anti-inflamasi, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit , dan bahkan jaringan parut.
Keempat adalah madu sumber antioksidan. Madu mempunyai kandungan nutraceuticals, yang efektif dalam mengeluarkan radikal bebas dari tubuh kita. Berdasarkan pengamatan saya, bahwa ketika kita meminum madu kekebalan tubuh akan meningkat dan membuat badan kita tidak mudah sakit
Kelima adalah perawatan kulit yang sehat dengan susu dan madu. Susu dan madu sering disebut bersama-sama sebagai bahan utama yang menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Oleh karena itu tidak heran di berbagai negara susu dan madu banyak dikonsumsi oleh masyarakatnya.
Keenam, madu dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit. Madu mengandung sekitar 0,22 mg vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Madu memiliki khasiat dapat memberikan efek anti penuaan pada kulit juga dapat mengurangi keriput serta membuat kulit menjadi halus dan lembut. Selain itu, madu bisa pula digunakan sebagai obat alami untuk jerawat. Sehingga, kebanyakan masker menggunakan madu sebagai bahan utamanya.
Ketujuh. Dengan menambahkan beberapa tetes madu dalam jus jahe dan satu sendok makan madu yang dikonsumsi dua kali sehari juga bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan.
Kedelapan. Mencuci rambut dengan dua sendok madu yang ditambahkan dalam air hangat, sebelum dicuci dengan shampoo secara menyeluruh berkhasiat menambah kemilau rambut.
Masih banyak lagi khasiat madu yang belum saya sebutkan dan saya amati sendiri, karena keterbatasan waktu dan keterbatasan bahan untuk mengamati. Namun menurut saya, madu adalah obat yang dapat langsung diminum, dapat pula menjadi obat luar pencegah infeksi, atau juga dapat dicampurkan dengan bahan-bahan yang lain sehingga menjadikan manfaatnya lebih maksimal. Madu memiliki banyak manfaat, selain karena madu sangat mudah di cerna, hal ini juga disebabkan karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa), sehingga madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi.


Kesimpulannya adalah, madu adalah obat yang memiliki banyak khasiat untuk manusia dari ujung rambut hingga ujung kaki. Dapat digunakan sebagai obat luar, langsung di minum, ataupun dicampurkan terlebih dahulu dengan bahan-bahan yang lain. Dan yang terakhir adalah saran saya kepada pembaca adalah tidak cukup kita hanya membaca artikel tentang manfaat dari madu, tapi kita juga harus menambah pengetahuan kita mengenai cara membedakan antara madu palsu dan madu asli.

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar